Senin, 24 September 2012

Perbedaan Piano Klasik dan Piano Pop

Nah, karena banyak banget yang nanya ke gue apa bedanya piano klasik dan piano pop, kali ini gw coba jabarin satu satu ya.
Oke pertama piano klasik dulu. Piano klasik mempelajari tentang segala macam lagu gubahan komponis era dahulu, contoh nih : J.S Bach, W.A Mozart , L.W Beethoven, dan lain-lain. Nah, di piano klasik ini not-not yang dipelajari lebih kompleks daripada piano pop, TAPI piano klasik bukan berarti lebih sulit dibanding piano pop. Hanya saja, visualisasi yang dikasih piano klasik emang rumit dan kompleks, ga kaya piano pop yang easy listening dan 'enak' didenger. Buat nikmatin lagu-lagu dari piano klasik juga ga gampang, sedikit orang aja yang bener-bener ngerti apa arti dari lagu yang dimaksud dari si Patihnya. Piano klasik punya pembatasan zaman sendiri, boleh di cek di http://vischalthepianoplayer.blogspot.com/2012/07/sejarah-musik-klasik-apa-pengertian.html . 

Lanjut, piano pop. Piano pop ga susah, tapi dibilang gampang juga ngga, karena di piano pop, everything talks about Improve. Kalo ga berani mikir, jangan sekali-kali nyentuh piano pop. Di piano pop pianis di tuntut untuk memutar otak membuat aransemen lagu menjadi 'Lebih', tidak terpaku hanya dengan partitur, mungkin disini sih pembeda yang paling ketara. Karena piano pop, tentang Improve. Piano Klasik, tentang kedisiplinan.

Untuk masukan aja, lebih baik kalau pengen les, les piano klasik. Les piano pop itu cuma dikasih 'GIMANA CARA' yang ga kepake pas kita les, tapi berguna banget ketika kita udah ga les. Nah untuk belajar basic, ga mungkin dong kita belajar langsung ke expert? Piano Klasik bagus banget buat pemula, selain melatih jari-jari lebih kompeten,  piano klasik juga bisa 'build' emosi untuk pianis dasar. Tapi ga perlu khawatir, Piano pop juga punya alasan kenapa harus dipilih saat penjurusan les. Piano klasik berbicara tentang musik, sedangkan piano pop bertugas 'mendatangkan penyanyi' yang ingin bermusik dengan pianis. Simple?

7 komentar:

  1. yah gw udah keburu ambil piano pop

    tp gpp lah :D

    BalasHapus
  2. yupz makaish gan infonya luamayan nih jadi nambah wawasan saya !

    BalasHapus
  3. kalo udah punya dasar piano klasik dari SD-SMP trus stop karena sekolah, tapi masih belajar sendiri mainin partitur2.. skrg umur gw 23 tapi gw blm bisa improvisasi :( dan gw pingin suatu saat bisa ngelesin piano dan bisa mainin lagu2 pop juga. lebih baik gw lanjut piano klasik ato banting setir ke pop?

    BalasHapus
  4. Umur gw 13 tahun, gw suka piano klasik dan udah membuat 25 komposisi (bikin lagu)

    BalasHapus
  5. Umur gw 13 tahun, gw suka piano klasik dan udah membuat 25 komposisi (bikin lagu)

    BalasHapus
  6. gw juga suka ma piano klasik

    BalasHapus
  7. Gw les nya piano klassik

    BalasHapus